Minggu, 17 April 2016

Sensor Pedometer Mendukung Langkahmu untuk Hidup Sehat


Kehidupan manusia sekarang ini sangat dimudahkan oleh teknologi. Dari mulai tenaga, pikiran, dan waktu sudah dapat dihemat dengan adanya alat-alat yang mendukung aktivitas manusia. Selain itu, dalam dunia kesehatan juga sudah ditetapkan standar-standar tertentu yang harus dipenuhi manusia untuk selalu dalam kondisi sehat. Salah satu hal yang cukup vital namun sering dilupakan manusia adalah kebutuhan untuk berjalan.

Berjalan atau melangkah sebenarnya hal yang sepele, sekarang ini manusia sudah dimanjakan dengan adanya sarana transportasi yang efisien digunakan untuk menempuh jarak tertentu. Padahal, perlu diketahui jika untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan fit, manusia perlu untuk berjalan 7000-8000 langkah per hari (menurut penelitian di Amerika). Demikian ini membuat para ahli menciptakan sebuah alat untuk mengukur banyaknya langkah tubuh manusia.

Pedometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur jumlah langkah manusia. Alat ini cukup populer diimplementasikan dalam dunia kedokteran, olahraga, ataupun penelitian. Banyak aplikasi yang sudah dikembangkan dengan berbasis pada sensor pedometer ini

Pedometer Universal

Jam tangan pedometer
Aplikasi pedometer pada Smartphone


Gambar di atas adalah contoh dari penggunaan sensor pedometer. Selain contoh di atas, masih ada modul khusus dari sensor pedometer ini, modul tersebut bernama SEN-2132 yang bekerja dengan prinsip motion-sensor atau mendeteksi gerakan. Modul SEN-2132 dapat digunakan dengan program Arduino maupun program yang lainnya. Modul ini juga dapat diaplikasikan dengan Smartphone, peralatan olahraga, dan lain-lain. Modul ini memiliki keunggulan dimana ukurannya yang kecil (12x12.4 mm), dan juga daya yang kecil pula (2.5-3.3 Volt).
SEN-2132

Untuk lebih jelasnya tentang Sensor Pedometer Modul SEN-2132, Anda bisa men-download datasheet di bawah ini :
atau kunjungi situs ini : rhydoLABZ




---------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar